Category Archives: Uncategorized

Pasir Cor Pasir Beton

Kebutuhan pasir untuk pekerjaan kosntruksi saat ini semakin meningkat, terutama di era presiden Jokowi yang menggenjot proyek infrastruktur di mana-mana. Pasir yang bagus digunakan untuk pengecoran atau beton adalah pasir yang mengandung sedikit kadar lumpur dan sedikit kadar garamnya. Kenapa? Karena kadar lumpur yang tinggi dapat menyebabkan cor cepat retak dan keropos. Untuk tahu lebih lanjut jenis pasir yang dibutuhkan, yuk kita bahas satu persatu.

Pasir untuk konstruksi dibedakan menjadi 2, yaitu pasir beton dan pasir pasang

Pasir Beton

Pasir beton adalah butiran-butiran mineral keras dan tajam berukuran antara 0,075 – 5 mm, jika terdapat butiran berukuran lebih kecil dari 0,063 mm tidak lebih dari 5% berat. Pasir beton sering digunakan untuk pekerjaan cor-coran struktur seperti kolom, balok dan pelat lantai.

Untuk mendapatkan kekuatan beton yang optimal maka pasir harus dapat memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :

a)Pasir beton harus bersih, bila diuji dengan larutan pencuci khusus, tinggi endapan pasir yang kelihatan dibandingkan dengan tinggi seluruh endapan tidak kurang dari 70%.

b) Kadar butiran yang lewat ayakan 0,063 mm (kadar lumpur) tidak boleh lebih dari 5% berat.

c) Angka kehalusan butir (FM) terletak antara 2,2 – 3,2 bila diuji dengan rangkaian ayakan 0,16 ; 0,315; 0,63; 1,25; 2,50; 0,5 dan 10 mm, fraksi yang lewat ayakan 0,3 mm minimal 15% berat.

d) Pasir tidak boleh mengandung zat-zat organik yang dapat mengurangi mutu beton. Untuk memeriksanya pasir direndam pada cairan 3% NaOH, cairan di atas endapan tidak boleh lebih gelap dari warna larutan pembanding.

e) Kekekalan terhadap larutan Na4SO4; fraksi yang hancur tidak boleh lebih dari 12% berat. Kekekalan terhadap larutan MgSO4; fraksi yang hancur tidak boleh lebih dari 10% berat.

f) Untuk beton dengan tingkat keawetan tinggi, reaksi pasir terhadap alkali harus negatif.

Pasir Sungai Pasir Beton

Pasir Pasang

Berdasarkan tempat penambangan, maka pasir pasang di bedakan dalam 2 jenis sebagai berikut :

  1. Pasir Gunung, adalah pasir yang diperoleh dari hasil galian , butirannya kasar dan tidak terlalu keras. Biasanya pasir jenis ini mengandung pozolan (jika dicampur dengan kapur padam dan air setelah beberapa waktu dapat mengeras sehingga membentuk suatu massa padat dan sukar larut dalam air). Untuk pengolahan lebih lanjut biasanya pasir di cuci dahulu. Contoh daerah yang memproduksi pasir gunung adalah pasir Galunggung di daerah Tasikmalaya, pasir lokal (seperti pasir Cilegon, pasir Rumpin, pasir Jawilan)

2. Pasir Sungai, adalah pasir yang diperoleh dari sungai yang merupakan hasil gigisan batu-batuan yang keras dan tajam, pasir jenis ini butirannya cukup baik (antara 0,063 mm – 5 mm) sehingga merupakan adukan yang baik untuk pekerjaan pasangan. Pasir sungai umumnya didapatkan dari daerah Pontianak sehingga orang biasa menyebut pasir Pontianak, pasir dari Pulang Pisau Kalimantan Tengah, dan pasir Lampung. Yang perlu diperhatikan dari pasir sungai adalah adanya kandungan organik yang ikut tersedot oleh pompa ke dalam timbunan

pasir sungai pasir pontianak

3. Pasir Darat, adalah pasir yang  didapat dari dataran di darat yang prosesnya dengan mengeruk. Karakteristiknya hampir sama dengan pasir gunung sehingga untuk penggunaan lebih lanjut harus melalui tahap pencucian. Daerah yang memproduksi pasir darat adalah pasir Bangka, pasir Belitung,

Untuk info dan kebutuhan pasir proyek konstruksi Anda, segera hubungi kami di 087773399966 bisa via WA atau phone. Terpercaya sejak tahun 2012, kami akan antar ke lokasi proyek Anda.

 

sumber

Jalan Alternatif Jonggol Rusak Parah, Warga Ancam Tutup Jalan

06 MEI 2017, 09:14 WIB

Sejak Jembatan Cipamingkis ambles, aktivitas warga Kecamatan Jonggol dan Cariu, Kabupaten Bogor, terganggu.

Mereka harus memutar arah menggunakan jalur alternatif untuk menuju kecamatan lain di wilayah Timur Kabupaten Bogor itu

Jalan Alternatif Jonggol Rusak Parah, Warga Ancam Tutup Jalan
Jalan Alternatif Jonggol Rusak Parah, Warga Ancam Tutup Jalan

Jembatan darurat yang terbuat dari bambu itu, hanya bisa dilewati pejalan kaki dan kendaraan roda dua, itu pun jumlahnya dibatasi.

Sementara jalan desa yang dijadikan jalan alternatif, kini kondisinya rusak parah akibat sering dilalui minibus hingga truk.

Warga mengaku sudah mengadu ke kepala daerah saat Bupati Bogor Nurhayanti meninjau Jembatan Cipamingkis yang ambles beberapa minggu lalu. Bahkan bupati pun berjanji akan segera memperbaiki ruas jalan Weninggalih-Cibarusah itu.

“Tapi sampai sekarang belum ada tanda-tanda akan diperbaiki,” ujar Ade Komala, warga Desa Weninggalih, Jonggol.

Warga pun mengaku akan memblokir ruas jalan tersebut jika pemerintah daerah tidak segera memperbaiki jalan yang kini berupa tanah.

“Kami sepakat, jika sampai hari Minggu besok tidak juga diperbaiki, kami akan blokir,” ancam dia.

Camat Jonggol Beben Suhendar membenarkan akan ada aksi pemblokiran jalan alternatif oleh warga Desa Weninggalih dan Sirnagalih.

Aksi tersebut dipicu karena pemerintah daerah tak kunjung memperbaiki jalan alternatif Weninggalih-Cibarusah yang sempat dijanjikan bupati dua minggu lalu.

“Aktivitas warga sangat terganggu karena jalan sempit. Apalagi kalau ada truk terperosok seperti tadi siang membuat kemacetan parah,” ucap dia.

Awalnya, jalan sepanjang 2,9 kilometer itu merupakan jalan desa yang dibangun melalui dana desa. Semenjak jembatan ambles, jalan tersebut kemudian dijadikan jalur alternatif oleh warga Kecamatan Jonggol, Cariu, dan Tanjungsari untuk menuju Kecamatan Cileungsi maupun Gunungputri.

“Memang ada jalur lain, tapi jaraknya sangat jauh. Ke Cileungsi harus lewat Karawang,” kata Beben.

Sumber ; Liputan6.com

Setelah membaca Berita di atas sudah terbayangkan berapa banyak kebutuhan BATU SPLIT atau AGREGAT untuk proyek Nasional pembangunan infrastruktur presiden Jokowi

Untuk anda yang membutuhkan BATU SPLIT berkualitas dan terpercaya dari Merak atau Bojonegara bisa menghubungi kami di 081383223288 atau email ke sales@jualbatusplit.com . Harga batu split kami bisa disesuaikan dengan kebutuhan proyek Anda. info lebih lanjut jangan sungkan hubungi kami. Terima kasih

 

Tol Cengkareng-Kunciran Bakal Beroperasi pada 2019

08 JUNI 2017, 17:01 WIB

Proyek jalan tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sepanjang 14,19 kilometer telah dimulai pengerjaan konstruksinya. Proyek tol ini menjadi vital karena akan menjadi akses tol alternatif ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Bandara Soetta).

Direktur Keuangan PT Wijaya Karya Tbk Steve Kosasih mengatakan ‎pekerjaan konstruksi jalan tol itu dilakukan oleh pihaknya setelah memenangi tender pengadaan jasa pemborongan pekerjaan pembangunan jalan tol tersebut.

Kondisi arus lalu lintas di sepanjang ruas jalan tol Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Rabu (24/12). Meningkatnya penumpang pada Natal dan Tahun Baru tahun ini membuat kemacetan di Terminal 1 dan 2. (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Tender dilakukan oleh PT Marga Kunciran Cengkareng, anak usaha PT Jasa Marga Tbk yang menjadi operator tol ini. Penetapan pemenang tender kontraktor proyek tersebut tertera pada surat penentuan pemenang dengan nomor 09.1/PAN-BOR/ADM/JKC/2017 yang diputuskan oleh PT Jasa Marga Tbk per 8 Maret 2017.

“Kami sudah mulai konstruksi tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran,” ujar dia di Jakarta, Jumat (9/6/2017).

Proyek tol senilai Rp 3,5 triliun ini akan dibangun dengan empat seksi. Keempat seksi itu yakni seksi 1 Kunciran–IC Sultan Ageng Tirtayasa sepanjang 2,04 km, seksi 2 IC Sultan Ageng Tirtayasa–on/off ramp Benteng Betawi sepanjang 3,50 km. Kemudian seksi 3 on/off ramp Benteng Betawi–IC Husein Sastranegara sepanjang 6,50 km, dan seksi 4 IC Husein Sastranegara–Benda Junction sepanjang 2,15 km.

Jalan tol ini masuk dalam jaringan jalan lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran tersebut ditargetkan beroperasi pada 2019.

“Jalan tol ini juga akan terkoneksi dengan ruas tol Cinere-Serpong dan Serpong-Kunciran yang juga dimiliki oleh PT Jasa Marga Tbk melalui anak usahanya PT Cinere Serpong Jaya dan PT Marga Trans Nusantara,” jelas dia.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna membenarkan jika pengerjaan konstruksi pembangunan proyek jalan tol lingkar luar atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 ini telah dimulai.

Namun, pembangunan ini masih tahap awal, yaitu berupa persiapan pematangan lahan (land clearing). “Progresnya masih kecil, tapi ini sudah bagus,” kata dia.

Herry mengungkapkan, pengerjaan tol ini baru dimulai pada bagian seksi 4 karena pembebasan lahannya telah lebih dari 50 persen, yaitu 59,39 persen. Sedangkan ketiga seksi lainnya, kemajuan pembebasan lahan berkisar 12,54 persen di seksi 1, sekitar 2,68 persen di seksi 2, dan 39,59 persen di seksi 3.

Sehingga secara total, pembebasan lahan per 5 Juni 2017 yaitu 27,66 persen.‎ “Kuncinya sekarang ada di pembebasan lahan yang terus dikejar agar bisa selesai sesuai target,” ungkap Herry.

Sumber ; Liputan6.com

Setelah membaca Berita di atas sudah terbayangkan berapa banyak kebutuhan BATU SPLIT atau AGREGAT untuk proyek Nasional pembangunan infrastruktur presiden Jokowi

Untuk anda yang membutuhkan BATU SPLIT berkualitas dan terpercaya dari Merak atau Bojonegara bisa menghubungi kami di 081383223288 atau email ke sales@jualbatusplit.com . Harga batu split kami bisa disesuaikan dengan kebutuhan proyek Anda. info lebih lanjut jangan sungkan hubungi kami. Terima kasih

 

 

Perbedaan Sirtu Dan Sirdam

Bagi Anda kontraktor atau user yang mungkin sedang mencari material untuk pengurukan lahan, ada baiknya Anda mempertimbangkan Sirtu dan Sirdam. Kenapa? Karena kepadatan sirtu dan sirdam, serta sifatnya yang tahan abrasi. Hal ini ditunjang dari campuran pasir di dalam komposisi batu.

Nah, apa perbedaan dari sirtu dengan sirdam?
Sirtu : Campuran pasir dengan batu dengan komposisi batu split sekitar 80-90%, cocok digunakan untuk pemadatan lantai bangunan, lantai parkir
Sirdam : Campuran pasir dengan makadam dengan komposisi 50%-50%, cocok digunakan untuk landasan jalan karena lebih mengunci dan padat.

Kami supplier batu split, untuk Anda yang membutuhkan, bisa hubungi kami di 087773399966

sumber 

Hati-hati Penipuan Mengatasnamakan Perusahaan Kami

Dear para rekan dan pelanggan,

Dimohon untuk lebih berhati-hati dalam pemesanan batu maupun charter kapal, dikarenakan ada pihak tertentu yang memanfaatkan nama baik kami, CV. Guna Karya Mulia untuk melakukan penipuan.

Berikut bukti screen shot, berkas email yang dikirimkan oleh rekanan perusahaan kapal. Untuk alamat dan nomor telepon kami ada di website.

IMG_20150226_125218 Screenshot_2015-02-26-12-54-08

Bahkan perusahaan fiktif ini sampai mengeluarkan SHIPPING INSTRUCTION (SI) sebagai berikut

dokumen SI PalsuDimohon untuk para rekanan dan klien kami, supaya lebih berhati2 dalam melakukan transaksi.

Terima kasih